Monday, May 18, 2015
In Him dwelleth all the fulness of the Godhead bodily. And ye are complete in Him." Colossians 2:9,10
All the attributes of Christ, as God and man, are at our disposal. All the fulness of the Godhead, whatever that marvellous term may comprehend, is ours to make us complete. He cannot endow us with the attributes of Deity; but He has done all that can be done, for He has made even His divine power and Godhead subservient to our salvation. His omnipotence, omniscience, omnipresence, immutability and infallibility, are all combined for our defence. Arise, believer, and behold the Lord Jesus yoking the whole of His divine Godhead to the chariot of salvation! How vast His grace, how firm His faithfulness, how unswerving His immutability, how infinite His power, how limitless His knowledge! All these are by the Lord Jesus made the pillars of the temple of salvation; and all, without diminution of their infinity, are covenanted to us as our perpetual inheritance. The fathomless love of the Saviour's heart is every drop of it ours; every sinew in the arm of might, every jewel in the crown of majesty, the immensity of divine knowledge, and the sternness of divine justice, all are ours, and shall be employed for us. The whole of Christ, in His adorable character as the Son of God, is by Himself made over to us most richly to enjoy. His wisdom is our direction, His knowledge our instruction, His power our protection, His justice our surety, His love our comfort, His mercy our solace, and His immutability our trust. He makes no reserve, but opens the recesses of the Mount of God and bids us dig in its mines for the hidden treasures. "All, all, all are yours," saith He, "be ye satisfied with favour and full of the goodness of the Lord." Oh! how sweet thus to behold Jesus, and to call upon Him with the certain confidence that in seeking the interposition of His love or power, we are but asking for that which He has already faithfully promised.
Morning and Evening.
Friday, May 8, 2015
YESUS KRISTUS TUHAN
LATAR BELAKANG
Yesus Kristus diakui sebagai
pemimpin agama terbesar yang pernah hidup, manusia
paling berpengaruh yang pernah
ada di planet kita ini, dan memiliki keberadaan
yang unik yang tak seorang pun
dapat menyetarai-Nya.
Tetapi menganggap Kristus
sekedar sebagai teladan hidup dan penganjur moral
utama, tidak akan menyingkirkan
perintang yang dibangkitkan oleh dunia yang tak
percaya ini terhadap
Kekristenan. Yang terutama harus dipertanyakan tentang
sikap orang kepada-Nya ialah apa
pendapat mereka tentang Diri-Nya dan Missi-Nya
sepanjang masa kehidupan-Nya
yang singkat di bumi ini. Kesimpulan kita ialah,
tanpa Kristus tak ada
Kekristenan; segala sesuatu berpusat pada Diri-Nya.
Tema utama Alkitab ialah Pribadi
dan karya Yesus Kristus. Dia adalah Allah. Dia
menjadi manusia, mati disalib,
dan dikuburkan. Dia bangkit kembali dari antara
orang mati. Dialah satu-satunya
Juruselamat yang berkuasa untuk dunia ini. Dia
akan datang kembali ke bumi ini.
Jika hal-hal tadi kita singkirkan dari Alkitab,
hilanglah seluruh kerangka
pemersatu dan pelestari Kekristenan.
YESUS KRISTUS ADALAH ALLAH:
KeAllahan adalah satu-satunya
penjelasan atas keadaan Diri-Nya dan semua
kelakuan-Nya.
1. Dia praada bersama Bapa.
"Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala
sesuatu dijadikan oleh Dia
dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi
dari segala yang telah
dijadikan." (Yoh 1:2,3) (Lihat juga Yoh 17: dan Kol 1:17).
2. Dia adalah Putra Allah.
A. Musuh-musuh-Nya mengakui:
"Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya
sendiri dan dengan
demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah." (Yoh 5:18).
B. Petrus mengakui:
"Kami telah percaya dan tahu bahwa Engkau adalah Yang
Kudus dari Allah."
(Yoh 6:69).
C. Yesus menandaskan: "Aku
dan Bapa adalah satu." ( Yoh 10:30).
3. Dia, seperti hanya Allah
saja, tidak berdosa.
A. Yesus menantang
musuh-musuh-Nya: "Siapakah di antaramu yang membuktikan
bahwa Aku berbuat dosa?" ( Yoh 8:46).
B. Petrus menyaksikan: "
. . . karena Kristus pun telah menderita
untuk kamu dan telah
meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti
jejak-Nya. Ia tidak
berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya."
(1Pet 2:21,22).
C. Paulus menegaskan:
"Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi
dosa karena kita, supaya dalam Dia kita
dibenarkan oleh Allah." ( 2Kor 5:21).
4. Dia, seperti hanya Allah
saja, dapat mengampuni dosa.
A. Ahli Taurat berkata:
"Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada
Allah sendiri?" ( Mr
2:7).
B. Yesus berkata:
"Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia
berkuasa mengampuni
dosa…" ( Mat 9:6, juga Yoh 8:11).
C. Petrus menulis: "Ia
sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di
kayu salib, supaya kita, yang telah mati
terhadap dosa, hidup untuk
kebenaran." ( 1Pet 2:24).
5. Dia membuat banyak perbuatan
ajaib.
A. Dia menyembuhkan orang
sakit: Mat 8:9-13; Luk 4:31-44; 5:12-15;
Yoh 4:43-5:16 dan lain-lain.
B. Dia memberi makan orang
yang lapar: Yoh 6:1-15,25-59*; Mr 8:1-13, dsb.
C. Dia membangkitkan orang
mati: Luk 7:11-18; Yoh 11:1-46.
YESUS KRISTUS MENJADI MANUSIA:
"Firman itu telah menjadi
manusia, dan diam di antara kita, … penuh kasih
karunia dan kebenaran." (
Yoh 1:14 juga Fili 2:7,8).
1. Kelahiran-Nya yang ajaib
sudah dinubuatkan 800 tahun sebelum kedatangan-Nya:
"Sesungguhnya, seorang
perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang
anak laki-laki, dan ia akan
menamakan Dia Imanuel." ( Yes 7:14).
2. Secara terinci nubuat tadi
digenapi: "Kata malaikat itu kepadanya: ‘Jangan
takut, hai Maria, sebab
engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
Sesungguhnya engkau akan
mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-
laki dan hendaklah engkau
menamai dia Yesus.’" (Luk 1:30,31).
3. Yesus menunjukkan ciri-ciri
hidup manusia:
Dia menjadi letih (Yoh 4:6*).
Dia haus ( Yoh 19:28),
Dia makan ( Luk 24:40-43),
Dia memiliki perasaan (Mr 6:34),
Dia menangis ( Yoh 11:35),
Dia dicobai ( Ibr 4:15),
dan Dia mati ( Yoh 19:30).
YESUS KRISTUS MELAKSANAKAN
PEKERJAAN-PEKERJAAN BAPA-NYA:
1. Dia mati di Salib. Ini adalah
tema dasar dalam Injil.
A. Fakta kematian-Nya —
Seperempat isi Injil ditujukan pada Penderitaan dan
Kebangkitan-Nya.
(1) Dia datang ke dunia untuk
maksud tersebut ( Yoh 12:27).
(2) Kematian-Nya telah
dinubuatkan ratusan tahun sebelum Dia datang
( Yes 53:3-8).
B. Makna kematian-Nya.
(1) Korban tebusan bagi
dosa ( Mat 20:28; Rom 3:24; 1Pet 1:18).
(2) Untuk membayar upah dosa
kita ( Rom 3:24; 1Yoh 2:2; 4:10).
Manusia adalah
sasaran murka Allah, karena pemberontakan dan dosa,
tetapi Allah
mengambil prakarsa mencurahkan murka-Nya dengan mengutus
Anak-Nya ke Golgota.
(3) Inilah pendamaian.
Permusuhan antara kita dan Allah telah diakhiri
( Rom 5:10), dan kita
dipulihkan kepada Allah ( 2Kor 5:18,19).
(4) Inilah penggantian:
Dia mati di tempat kita
( 1Pet 3:18; 2Kor 5:21).
(5) Ringkasnya, masalah
dosa sudah dibereskan sempurna oleh-Nya
( 1Pet 2:24; Ibr 9:26;
10:12).
2. Dia bangkit dari kematian:
Ini merupakan hal yang unik dan mendasar dalam
Kekristenan.
A. Kenyataan kebangkitan ( Yoh 20:1-10; 1Kor
15:4).
B. Kebangkitan dapat
dipercaya, karena:
(1) Yesus sudah
menubuatkannya: Mat 13:39-41; Luk 24:1-*.
(2) Kubur-Nya kosong: Yoh
20:11-13.
(3) Banyak saksi
menyaksikan Dia hidup kembali:
para wanita ( Luk 23:55,56),
Maria Magdalena ( Yoh
20:1,2,11-18);
Petrus dan murid-murid
lain
( Yoh
20:3-9,19,20,24-31; 21:1-14).
HASIL-HASIL PEKERJAAN-NYA:
1. Dia kembali kepada Bapa ( Luk
24:49-53; Kis 1:6-11).
2. Dia menjadi Pengantara kekal
kita ( 1Tim 2:5; Ibr 8:6; 1Yoh 2:1).
3. Dia adalah Juruselamat kita:
"Engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah
yang akan menyelamatkan
umat-Nya dari dosa mereka." (#/TB Mat 1:21*).
"Dialah yang telah
ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya
menjadi Pemimpin dan
Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima
pengampunan dosa." ( Kis
5:31*).
A. Dialah satu-satunya
Juruselamat. "Keselamatan tidak ada di dalam siapa pun
juga selain di dalam Dia,
sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama
lain yang diberikan kepada
manusia yang oleh-Nya kita dapat diselamatkan."
( Kis 4:12).
B. Dia Juruselamat yang
sempurna. "Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan
dengan sempurna semua
orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia
hidup senantiasa untuk
menjadi Pengantara mereka." (Ibr. 7:25).
C. Dia adalah Juruselamat
pribadi. "Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu,
bahwa Yesus adalah Tuhan,
dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah
membangkitkan Dia dari
antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan."
"Karena dengan hati
orang percaya dan dibenarkan dan dengan mulut orang
mengaku dan
diselamatkan." ( Rom 10:9,10).
PUNCAK PEKERJAAN-NYA:
1. Dia akan datang kembali ke
bumi ini
( Kis 1:11; Ibr 10:37; Yoh
14:3).
2. Orang beriman dalam Kristus,
akan menerima kebangkitan tubuh untuk memulai
suatu kehidupan yang baru dan
tak berakhir ( 1Tes 4:17-18; 1Kor 15:51-58).
3. Dia akan memerintah sebagai
Raja atas segala raja, Tuhan atas segala yang
dipertuan atas ciptaan
baru-Nya ( 2Pet 3:10-13; Wahy 22:3-5).
sumber : sofware sabda
Allah Turut Bekerja Untuk Kita ( Roma 8:26-30)
Meskipun
kelihatannya anak-anak Tuhan bekerja dan mengerjakan segala sesuatu dikehidupan
sekarang dengan penuh derita, tetapi Tuhan juga menolongnya supaya kuat
bertahan menjalani kehidupannya.
Kalimat transisi : Apakah
buktinya jika Tuhan turut bekerja dalam kehidupan anak-anak Tuhan?
Kalimat peralihan : Ada empat bukti bahwa Allah turut bekerja
dalam segala sesuatu
1. Roh membantu kita dalam kelemahan kita
a.
Demikian
juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita;
b.
sebab
kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa;
2. Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah
a.
tetapi
Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak
terucapkan. 8:26
b.
Dan Allah
yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu,
c.
yaitu
bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. 8:27
3. Allah turut bekerja dalam segala sesuatu
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam
segala sesuatu 8:8a
4. Mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia
a.
untuk
mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia,
b.
yaitu
bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 8:28
Kesimpulan :
Jika Allah
turut bekerja dalam kehidupan anak-anak Tuhan, maka
seharusnya kita dapat bekerja dengan semangat baik dalam pelayanan maupun dalam
pekerjaan sehari-hari.
Friday, January 9, 2015
Apakah fakta-fakta yang sangat perlu berkaitan dengan Kain anak Adam?
[J]: Kisah dalam Kitab Kejadian memberitahukan
kepada kita bahwa Tuhan tidak mengindahkan kurban persembahan Kain, sebagaimana
Ia, mengindahkan kurban persembahan Habel, saudara laki-lakinya. Alasannya
adalah roh yang keliru dalam diri Kain (Kej4:3-7). Ayat 7 menyatakan:
"Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika
engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu". Ada
banyak tafsiran yang diajukan untuk bagian akhir dari ayatini; tetapi tafsiran
apapun yang diberikan pada kata yang khusus, seluruh cerita secara tidak
langsung menyatakan bahwa masalah utama yang menimpa Kain adalah motivasinya.
Dia tidak datang dengan merendahkan diri dan penuh penyembahan seperti Habel,
dan barangkali persembahannya lebih murah, jauh di bawah harga persembahan yang
sesungguhnya. Juga telah dipikirkan yang berkenan adalah kurban binatang
bukannya kurban buah-buahan, dan di sini terkandung saran yang menyatakan fakta
bahwa dosa menuntut kematian sebagai penebusan. Habel adalah yang pertama dari
garis panjang persembahan penebus dosa yang menuntut pencurahan darah, dan yang
mencapai puncaknya dalam pengurbanan tubuh Kristus di atas salib.
Tanda pada Kain
menjadi subyek empuk dari perkiraan sarjana-sarjana Alkitab. Beberapa pihak
berpendapat bahwa ini barangkali sebuah tanda yang diberikan kepada Kain
sebagai jaminan bahwa tidak ada seorang pun yang akan membunuhnya, tetapi sifat
dari tanda itu, dan apakah tanda itu tampak pada orang lain tidak diketahui
dengan pasti. Seorang komentator menyatakan bahwa mungkin itu suatu aspek
keganasan yang menjadikan dia seorang yang mengerikan sehingga dia dihindari.
Yang terakhir, ada
yang mengajukan pertanyaan tentang tanah Nod, tempat pembuangannya setelah ia
membunuh Habel dan di sanalah dia mendapatkan istri. Tanah Nod artinya cukup
sederhana yaitu "tanah pembuangan". Kita bisa mengumpulkan informasi
dari Kej 4:14-15 bahwa pada waktu yang disebut, keluarga manusia sudah
berlipat ganda dengan pesat. Istri Kain sudah pasti masih ada hubungan darah
dengan Kain,barangkali saudara perempuannya. Tradisi Arab kuno menyatakan bahwa
wanita itu bernama Azura. Dari kisah dalam Kitab Kejadian, kita bisa menerka
bahwa meskipun hanya ada empat orang yang disebutkan dalam kisah suci sampai
sejauh ini, umat manusia telah bertambah secara pesat (Yosefus mengatakan bahwa
bangsa Yahudi mempunyai tradisi yang meyakini bahwa Adam memiliki tiga puluh
tiga anak laki-laki dan dua puluh tiga anak perempuan). Ketakutan Kain akan
hukuman mungkin ditujukan terhadap keluarganya sendiri.
Thursday, January 8, 2015
Apa yang menyebabkan warga kerajaan Yehuda ditawan oleh Babel?
[J]: Penyebab politik dari penawanan ini adalah
pemberontakan berulang-ulang oleh Yehuda melawan kekuasaan Babel. Karena
mengandalkan bantuan Mesir, sang raja melanggar janji kesetiaannya dan menolak
membayar upeti yang telah dijanjikan. Para nabi mengucapkan berbagai peringatan
untuk melawan tindakan yang sangat berbahaya ini, dan masih banyak lagi perihal
penyembahan berhala yang diiringi oleh pelanggaran susila yang berlaku. Mereka
menjamin bangsa itu akan selamat, meskipun dikepung seperti Yehuda oleh bahaya
dari tetangga-tetangganya yang kuat, apabila mereka bersedia untuk setia kepada
Allah. Tetapi raja beserta rakyatnya tetap saja mengabaikan Dia dan berbalik
pada perbuatan-perbuatan jahat, sampai pada akhirnya Allah menyerahkan mereka
ke tangan musuh-musuhnya. Keadaanrohanilah yang menyebabkan terjadinya
penahanan ini. Mengabaikan tahun-tahun Sabat, sebagaimana yang disebutkan dalam
#/TB 2Taw 36:21, hanyalah merupakan salah satu dari banyak sekali hal yang
menjengkelkan. Penulis menyebutkannya secara kebetulan saja, untuk menunjukkan
bahwa apa yang bangsa itu tidak mau lakukandengan sukarela, sudah terlaksana
sewaktu mereka dibawa pergi dan negerinya ditinggalkan begitu saja selama tujuh
puluh tahun.
Bahasa apa yang dipakai di Babel?
[J]: Menara Babel selalu menjadi subyek yang
menarik untukdibicarakan. Ahli-ahli bahasa tidak sepakat mengenai bahasa yang
dipakai sebelum terjadi "Kekacauan Bahasa di Babel". Sedikit yang
kita ketahui tentang peristiwa itu, telah dipelajaridari tangan kedua yang
berasal dari kesaksian-kesaksian paraahli klasik. Orang Babel menyebut lokasi
itu "Barsip" (MenaraBahasa). Sebuah ekspedisi yang dilakukan Perancis
ke Mesopotamia menemukan lembaran tanah liat, yang menunjukkan bahwa bahasa pada
suatu periode yang jauh tidak jelas, ditulis dalam bentuk tanda-tanda dan
tulisan Mesir kuno; tetapi barangkali hal ini telah ada lama setelah perserakan
di Babel. Bahasa universal apa yang dipakai oleh manusia pra sejarah ribuan
tahun yang lalu barangkali tidak akan pernah diketahui secara pasti. Barangkali
bahasa adalah bersifat bahasa Babel atau Arab, tetapi ini sebatas dugaan saja.
Sebagai tambahan untuk catatan Alkitab, ada banyak tradisi yang tetap
memelihara data-data tentang Menara Babel dan nasibnya, dengan berpendapat
bahwa Babel adalah tempat lahirnya umat manusia. Tempat menara itu, berdasarkan
pendapat modern, disebut Birs Nimrud, sebuah gundukan tanah yang menjulang
tinggi yang mengubur reruntuhan yang sangat besar dan terletak di Felujiah,
Mesopotamia; tetapi identifikasi ini sama sekali tidak pasti.
Di mana mezbah pertama dibangun?
[J]: Dalam Kej 8:20* kita mendapatkan rujukan pertama
tentang mezbah, yaitu yang dipakai Nuh untuk mempersembahkan kurbannya kepada
Allah karena dilepaskan dari bahaya Air Bah. Tradisi Armenia menyatakan bahwa
mezbah ini dibangun di Gunung Ararat.
Monday, December 22, 2014
Siapa bangsa Amori itu?
[J]: Mereka adalah salah satu dari tujuh bangsa
Kanaan dan diperintah oleh banyak raja yang berdiri sendiri (Yos 5:1; Yos 9:10). Mereka pada mulanya mendiami daerah pegunungan di selatan
( Bil 13:29), tetapi kemudian mendapatkan lahan yang luas dari Moab,
sebelah timur Yordan ( Bil 21:26,30*). Mereka memiliki banyak kota yang
kuat ( Bil 32:17,33). Mereka tidak sopan, kejam dan penyembah berhala ( Kej 15:16; Yos 24:15). Mereka kadang-kadang mengganggu Israel,
kadang-kadang berdamai ( Bil 21:21) beberapa kali, tetapi akhirnya
diperhambakan oleh Salomo ( 1Raj 9:20-21).
Siapa yang disebut sebagai "anak-anak Lot"?
[J]: Yang dimaksud di sini adalah Bani Amon ( Ul 2:19). Mereka adalah orang-orang yang kejam, tamak, sombong, bersifat
mencela, ingin balas dendam, percaya takhayul dan penyembah berhala ( Am.
1:13; Zef 2:10; Yeh 25:3,6; Hak 10:6; Yer 27:3). Kota
terpenting mereka bernama Raba (2Sam 12:26-27), di mana mereka diperintah
oleh raja-raja secara turun-temurun (2Sam 2:20-21). Beberapa kali mereka
bermusuhan dengan Israel. Bersama dengan bangsa Filistin, mereka menindas
Israel selama delapan belas tahun (Hak 10:6-9). Saul berhasil melawan
mereka seperti Daud, dan Yoab menaklukkan mereka ( 1Sam 11:11; 2Sam
10:7-14). Salomo kawin mengawini dengan mereka dan memperkenalkan berhala-berhala
mereka kepada Israel (1Raj 11:1-5).
Bagaimana nasib bangsa Amalek?
[J]: Orang Amalek adalah bangsa yang jahat, suka
berperang dan suka menindas, dan kejam. Mereka sangat kuat dan berpengaruh
serta menduduki kota-kota di selatan Kanaan ( 1Sam 15:18; Hak
10:12; Bil 24:7). Merekalah bangsa pertama yang menantang Israel (Kel 17:8); Saul menaklukkan mereka (1Sam 14:48); Daud menyerbu negeri
mereka ( 1Sam 30:1-2), dan apa yang tersisa dari mereka dihancurkan sama
sekali selama masa pemerintahan Hizkia ( 1Taw 4:41-43).
Apa arti kata sela?
[J]: Kata
"sela," yang muncul beberapa kali dalam Kitab Mazmur, adalah tanda
yang berhubungan dengan musik atau liturgi, yang tidak diketahui artinya.
Beberapa orang menganggapnya sebagai tanda istirahat dalam musik, untuk
menandai peralihan dalam tema atau komposisi. Ini tampaknya tidak memiliki
hubungan gramatikal dengan kalimat yang setelahnya, dan karenanya tidak ada
kaitannya dengan arti bagian itu. Sela adalah catatan bagi para biduan dalam
mazmur,atau untuk mereka yang mengiringi nyanyian dengan alat musik.
Thursday, December 18, 2014
Apa arti kata "Mizpa"?
[J]: Mizpa, atau Mizpeh, adalah nama beberapa
tempat dalam sejarah Perjanjian Lama. Kata ini berarti "menara jaga,"
dan dalam kesusastraan seluruh ucapan yang indah yang dikatakan oleh Laban
kepada Yakub ( Kej 31:49) yang sudah tercakup dalam artinya: "Tuhan
kiranya berjaga-jaga antara aku dan engkau, apabila kita berjauhan".
Apa manna itu?
[J]: Diduga bahwa manna Israel adalah tetesan
manis dari sejenis semak dan pohon rendah bernama tamariskh, getah
tumbuh-tumbuhan ini dibuat meleleh oleh akibat aktivitas serangga. Beberapa
tumbuhan menghasilkan manna, seperti pohon "ask" berbunga di Sicily
dan pohon eucalyptus (kayu putih) di Australia. Di India tetesan manis
dihasilkan oleh bambu, dan zat yang sama yang dihasilkan oleh cemara manis dan
alang-alang biasa yang ada di negara Amerika.
Apa nama asli "Yahudi"?
[J]: Sebutan "Yahudi" berasal dari
leluhur Yehuda, dan mula-mula diterapkan pada semua anggota suku itu dan juga
kepada warga negara kerajaan Yehuda yang terpecah, dan sebagai perbedaan karena
bertentangan dengan kesepuluh suku yang melepaskan diri, yang tetap memakai
nama bangsa Israel. Selama masa penawanan dan sejak saat itulah, istilah
"Yahudi" tampaknya diterapkan tanpa pandang bulu pada seluruh ras
itu.
Siapakah nama ibu Daud?
[J]: Namanya tidak tertulis dalam Kitab Suci.
Rujukan kepada nama Abigail, salah satu anggota keluarga Isai, dalam 2Sam 17:25, sering kali disalah mengerti.
Nahas yang disebutkan di sana adalah nama lain dari Isai atau merujuk kepada
Nahas, Raja Amon, seorang raja yang salah seorang istrinya kemudian menjadi
istri Isai, sebagaimana yang ditulis dalam catatan tawarikh dari gereja Yahudi.
Siapa nama istri Kain?
[J]: Nama istri Kain tidak disebutkan di manapun
dalam Alkitab. Tradisi-tradisi Arab menyimpannya dalam satu kitab yang
menyatakan namanya adalah Azura, dan di dalam kitab lainnya dia bernama Save,
tetapi keduanya tidak ditanggapi secara serius oleh para sarjana:
Apa yang terjadi pada tongkat Harun?
[J]: Tongkat ini dipelihara di dalam Kemah Suci,
dan menurut Paulus (lih. Ibr 9:4),
tongkat ini tersimpan di dalam Tabut Perjanjian, di samping dua loh batu dan
buli-buli berisi manna. Tidak disebutkan adanya wadah-wadah lainnya. Pernyataan
dalam 1Raj 8:9 secara tidak langsung
menyatakan bahwa pada zaman Salomo, barang-barang peninggalan ini sudah hilang.
Mungkin ada interpretasi yang berbeda yang terdapat tentang Ul 31:26, yang mungkin berarti bahwa tongkat
ini tersimpan di sebelah Tabut, bukan di dalamnya.
Bahasa apa yang dipakai Adam dan Hawa?
[J]: Ada banyak hal duniawi yang berada di luar
jangkauan pengetahuan manusia saat ini dan tempat taman Eden serta bahasa orang
tua pertama kita termasuk di sini. Beberapa ahli ilmu bahasa berspekulasi bahwa
bahasa yang mula-mula barangkali perbendaharaan katanya sederhana yang
susunannya terdapat dalam Kej 2:19*, dan yang sangat terbatas pada
keperluan-keperluan alami dari nenek moyang pertama kita; dengan kata lain,
tanda dan bunyi-bunyian yang dapat dipahami oleh panca indera. Semua setuju
bahwa cara berbicara, atau kekuatan dalam mengekspresikan emosi,atau keinginan,
sezaman dengan penciptaan manusia. Monumen-monumen dan prasasti-prasasti yang
mula-mula yang ditemukan tidak menjangkau zaman purbakala seperti kekacauan
bahasa-bahasa di Babel (sekitar 2200 SM). Sebelum itu ( Kej 11:1*), catatan
Alkitab menyatakan bahwa "adapun seluruh bumi satu bahasanya dan satu
logatnya," meskipun barangkali ada berbagai variasi dan dialek, yang
masing-masing berisikan beberapa unsur dari bahasa asli. Ucapan manusia yang
pertama barangkali merupakan apa yang ahli-ahli bahasa sebut dengan "bahasa
fisik," yang terbatas pada ungkapan dari kebutuhan sederhana dan kemudian
meluas seiring bertumbuhnya pengalaman manusia dengan sifatnya sendiri dan
dunia di sekitarnya.
Apakah Adam orang berkulit merah?
[J]: Adam berarti "merah," sama artinya
dengan Edom, dan kedua kata ini berkaitan dengan memiliki warna kulit
kemerah-merahan seperti warna tanah liat (lih. Kej 2:7*). Beberapa komentator
berpendapat bahwa Adam, manusia pertama, barangkali mempunyai corak kulit
bangsa Arab, atau Edom, kemerahan cenderung gelap, sementara yang lainnya
mempunyai pendapat yang berbeda. Tidak ada teori pasti yang dapat dibuat
tentang subyek ini.
Benarkah Adam dan Hawa memakan buah, atau ini hanya sekadar perumpamaan?
[J]: Satu-satunya informasi adalah kisah Alkitab
tentangnya dan di dalamnya tidak diberitahukan supaya tidak memahaminya secara
harfiah. Ahli-ahli teologi yang cenderung menilai kisah ini sebagai sebuah
perumpamaan atau kiasan biasanya melakukannya demikian karena adanya pemikiran
bahwa memakan buah yang "enak dimakan," dan "sedap
dilihat," terlebih lagi ada dalam jangkauan, merupakan sebuah pelanggaran
yang dapat diampuni dan tidak sepantasnya dikenakan hukuman yang sangat berat
danbegitu luas. Keberatan itu, bagaimanapun juga, tidak mempunyai alasan yang
baik, karena mengabaikan maksud utamanya yang tercakup. Kegawatan dari
pelanggaran ini terdapat, bukan dalam tindakannya, tetapi dalam kenyataan bahwa
Adam dan Hawa melakukannya dalam keadaan sadar dan memang bermaksud melanggar
perintah Allah yang jelasdan tegas. Mereka pun dihukum atas ketidaktaatan.
Meskipun kita berpendapat kalau kejadian ini bentuknya berbeda dari memakan
buah secara aktual dan harfiah, prinsipnya tetap sama. Tidak ada alasan yang
dibenarkan untuk menolak cerita Alkitab atau mengartikannya secara berbeda
daripada yang sudah dinyatakan.
Subscribe to:
Posts (Atom)