Wednesday, January 25, 2017

YESUS POKOK ANGGUR YANG BENAR


“YESUS POKOK ANGGUR YANG BENAR”
Eksegesis Yoh 15:1-8
                                                                                             Ps. Jenry Teuf
BAB I. PENDAHULUAN
Pasal ini memberikan pada orang percaya dukungan yang besar dari kasih Allah dan janji keefektifan, namun ini juga memiliki peringatan yang menakutkan! Tradisi-tradisi teologis sangat sukar didiskusikan dalam bidang ini; ijinkan saya mengutip satu dari komentator kesukaan saya, F. F. Bruce dalam bukunya Jawaban atas Pertanyaan-pertanyaan: “Yohanes 15:4,6.
a.       “Apa yang dimaksudkan dengan pernyataan “kecuali jika engkau tinggal” dan “jika orang tidak tinggal” dalam Yoh 15:4,6?
b.      Mungkinkah untuk tidak tinggal dalam Kristus?”
“Bagian seperti ini tidak sukar dimengerti secara tersendiri; kesukarannya muncul ketika kita mencoba untuk membuatnya dan ayat-ayat lain selaras dengan teologia kita, sebagai ganti menjadikannya sebagai dasar bagi teologia kita. Di masa waktu Tuhan kita berbicara ada suatu contoh yang mencolok dari seorang yang gagal untuk tinggal di dalam Dia -- Yudas Iskariot, yang baru saja meninggalkan mereka. Yudas dipilih sama seperti ke sebelas rekannya yang lain (Luk 6:13; Yoh 6:70); persekutuan mereka dengan Tuhan memberi mereka hak istimewa yang sama dengan yang dimilikiNya. Ayat Alkitab yang secara lugas mengajarkan ketekunan akhir dari orang-orang suci tidak boleh disalah gunakan sebagai suatu alasan untuk tidak menekankan ayat lain yang sama-sama lugasnya yang berbicara mengenai bahaya dari kemurtadan.”
            Yohanes menggambarkan perjalanan hidup Yesus dari permulaan sampai penyaliban dan kebangkitan. Seperti yang dilakukan oleh Injil-Injil Sinoptis, akan tetapi ada sedikit perbedaan yang khas. Menurut Sinoptis Yesus pergi ke Yerusalem hanya sekali, yaitu pada akhir pelayanannya, tetapi menurut Yohanes Ia pergi ke sana dalam empat kali kesempatan (2: 13; 5:1; 7:10; 12:12). [1] Tidak hanya itu, ada juga terlihat gaya bahasa yang tidak terdapat ucapan-ucapan pendek dan tajam dari sosok Yesus dikenal Sinoptik dalam ungkapan-ungkapan panjang.[2]

            Jika diperhatikan dari mukadimah sampai penutup, Tuhan Yesus disorot sebagai firman yang menjadi manusia (logos), maupun Anak tunggal. Sorotan inilah pusat kemuliaan dari Injil Yohanes. Bahkan ada pendapat yang mengatakan bahwa Injil Yohanes bersifat paling teologis di antara keempat Injil, dan menyumbangkan hal-hal penting bagi semua bidang utama dalam teologi Kristen, seperti: hakikat dan sifat-sifat Allah; manusia yang jatuh dan di tebus; kepribadian Kristus; gereja dan misi-misinya; dan kehidupan dalam dunia yang baru.[3]

Bab II. ISI
TAFSIRAN KATA/FRASA
Teks ITB
John 15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
 2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
 3 Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
 4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
 5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.
 6 Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.
 7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
 8 Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."
 (Joh 15:1-8 ITB)
Teks BGT
John 15:1 VEgw, eivmi h` a;mpeloj h` avlhqinh. kai. o` path,r mou o` gewrgo,j evstinÅ
 2  pa/n klh/ma evn evmoi. mh. fe,ron karpo.n ai;rei auvto,( kai. pa/n to. karpo.n fe,ron kaqai,rei auvto. i[na karpo.n plei,ona fe,rh|Å
 3  h;dh u`mei/j kaqaroi, evste dia. to.n lo,gon o]n lela,lhka u`mi/n\
 4  mei,nate evn evmoi,( kavgw. evn u`mi/nÅ kaqw.j to. klh/ma ouv du,natai karpo.n fe,rein avfV e`autou/ eva.n mh. me,nh| evn th/| avmpe,lw|( ou[twj ouvde. u`mei/j eva.n mh. evn evmoi. me,nhteÅ
 5  evgw, eivmi h` a;mpeloj( u`mei/j ta. klh,mataÅ o` me,nwn evn evmoi. kavgw. evn auvtw/| ou-toj fe,rei karpo.n polu,n( o[ti cwri.j evmou/ ouv du,nasqe poiei/n ouvde,nÅ
 6  eva.n mh, tij me,nh| evn evmoi,( evblh,qh e;xw w`j to. klh/ma kai. evxhra,nqh kai. suna,gousin auvta. kai. eivj to. pu/r ba,llousin kai. kai,etaiÅ
 7  eva.n mei,nhte evn evmoi. kai. ta. r`h,mata, mou evn u`mi/n mei,nh|( o] eva.n qe,lhte aivth,sasqe( kai. genh,setai u`mi/nÅ
 8  evn tou,tw| evdoxa,sqh o` path,r mou( i[na karpo.n polu.n fe,rhte kai. ge,nhsqe evmoi. maqhtai (Joh 15:1-8 BGT)

15:1 “Akulah pokok anggur yang benar” Ini adalah satu dari pernyataan “Akulah” yang terkenal dari Yesus dalam Injil Yohanes ( 4:26) Dalam Perjanjian Lama tanaman anggur adalah lambang dari Israel (Maz 80:8-16). Dalam PL contoh-contoh ini selalu memiliki konotasi negatif. Yesus menegaskan bahwa Ia adalah orang Israel Ideal. Sebagaimana Paulus menggunakan tubuh Kristus, mempelai Kristus dan bangunan Allah sebagai penggambaran bagi gereja, maka Yohanes menggunakan tanaman anggur. Ini mengisyaratkan bahwa gereja adalah Israel yang benar karena hubungannya dengan Yesus, pokok anggur yang benar (Gal 6:16). Lihat Topik Khusus pada 6:55 dan 17:3. Lihat catatan pada 8:12.

Kebenaran[4]
Dalam suatu pengertian Yohanes mengkombinasikan latar belakang Ibrani dan latar belakang Yunani dari alētheia“kebenaran” sebagaimana ia melalkukannya pada logos (lih. 1:1-14). Dalam bahasa Ibrani emeth (BDB 53) menyatakanapa yang benar, atau bisa dipercaya (sering dikaitkan dalam Septuaginta dengan pisteuō). Dalambahasa Yunani kata ini dikaitkan dengan realitas Plato melawan bukan realita, surgawi versus duniawi. Ini cocok dengan dualisme Yohanes. Allah telah secar jelas menyatakan (etimologi dari alētheia adalah untuk menyingkap, membuka, secara jelas menyatakan) DiriNya dalam AnakNya. Ini dinyatakan dalam beberapa cara:

1. Kata Benda, Alētheia, Kebenaran
a. Yesus penuh dengan anugerah dan kebenaran (1:14,17 – istilah perjanjian PL)
b. Yesus adalah fokus dari kesaksian Yohanes Pembaptis (4:33; 18:37 – nabi PL terakhir)
c. Yesus berbicara kebenaran (8:4,44,45,46 – perwahyuan bersifat perencanaan dan pribadi)
d. Yesus (yang adalah Logos, 1:1-3) adalah kebenaran (17:17)
2. Kata Sifat, Alēthēs, Benar, Bisa Dipercaya
a. Kesaksian Yesus (5:31-32; 7:18; 8:13-14)
b. Penghakiman Yesus (8:16)
3. Kata Sifat, Alēthinus, Benar
a. Yesus adalah terang yang benar (1:9)
b. Yesus adalah roti yang benar ( 6:32)
c. Yesus adalah pokok anggur yang benar ( 15:1)
d. Yesus adalah saksi yang benar (19:35)
4. Kata Keterangan, Alēthōs, Sesungguh-Sungguhnya
a. Orang Samaria menyaksikan Yesus sebagai Juru Selamat Dunia (4:42)
b. Yesus ialah makanan dan minuman yang sesungguhnya, bukannya manna dari jaman Musa (6:55)
Istilah kebenaran dan turunan-turunannya juga menyatakan kesaksian orang lain pada Yesus, alēthēs
a. Kesaksian Yohanes Pembaptis adalah benar (10:41)
b. Kesaksian darii salah satu prajurit pada saat penyaliban adalah benar (19:35)
c. Kesaksian Yohanes (penulis Injil) adalah benar ( 21:24)
d. Yesus dilihat sebagai nabi yang benar ( 6:14; 7:40)
“dan Bapa-Kulah pengusahanya” Lagi Yesus menegaskan hubuganNya yang intim dengan Bapa dan sekaligus ketaatanNya kepada kehendak Bapa.
Tanggapan Teks :
Ini adalah kata-kata “Akulah” yang terakhir dari ketujuh kata “Akulah” dalam Injil Yohanes. Dalam hal ini Yesus menyebut diriNya sebagai pokok anggur yang benar. Kata “benar” dalam bahasa Yunani adalah άληθινοϛ (alethinos) yang berarti: benar, sungguh-sungguh, asli.[5] Tentunya hal ini mau memberitahukan tentang adanya “ketidakbenaran”, “ketidak sunguh-sungguhan (kebohongan)”, “ketidakaslian (palsu)” tentang pokok anggur. Dengan kata lain, pokok anggur itu sebelumnya sudah ada, tapi pokok anggur yang tidak benar atau palsu. Hal ini mungkin menunjuk kepada apa yang pernah dikeluhkan oleh nabi Yeremia bahwa bangsa Israel telah berubah menjadi pokok anggur yang rusak dan liar. Tapi bukan mau mengatakan bahwa Allah tidak bereksistensi dalam bangsa Israel, tapi ada sebuh pembaharuan (revelation) terhadap pokok anggur yang tidak benar tadi.[6]

15:2 “Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya…. yang berbuah” Bentuk kalimat
Present Passive Participle muncul dua kali di ayat ini. Menghasilkan buah, bukan pengecambahan, adalah bukti dari keselamatan. Konteks ini mengisyaratkan bahwa Yesus sedang berbicara mengenai
 (1) Pengkhianatan Yudas ( ay 6);
(2) murid-murid palsu (2:23).
Ada tingkatan dari kepercayaan dalam Yohanes.
“dipotong-Nya” Secara hurufiah ini artinya “dibersihkan.” Ini adalah sebuah Present Active Indicative. Penderitaan mempunyai suatu maksud dalam kehidupan orang percaya. Yaitu memaksimumkan penghasilan buah, mengungkap kepalsuan, dan membuat terus bergantung pada Allah. Adalah hal yang mungkin sehubungan dengan konteks dari pasal 13-17 untuk menghubungkan pembersihan ini kembali kepada pembasuhan kaki di pasal 13. Mereka telah mandi (diselamatkan) namun kaki mereka perlu dibasuh (pengampunan terus menerus). Kata kerja Bentuk Present ini berbicara kepada para murid sebagaimana sepertinya diteguhkan oleh I Yoh 1:9. Tidak hanya ketaatan yang disyaratkan untuk bisa “tinggal,” namun juga pertobatan yang berkelanjutan!
Maksud dari penderitaan dalam kehidupan orang percaya bisa memiliki beberapa aspek:
1. membangun keserupaan dengan Kristus (Ibr 5:8)
2. penghukuman sementara atas dosa, secara sederhana adalah kehidupan di suatu dunia yang jatuh Memang selalu sukar untuk mengenali maksud Allah, namun  selalu merupakan kemungkinan hasilnya.

Tanggapan Teks:
Pengusaha kebun anggur memangkas ranting-ranting dengan dua cara: Ia memotong kayu-kayu mati yang dapat membawa penyakit dan hama, dan Ia memotong jaringan yang hidup agar kehidupan dari pokok anggur itu tidak terlalu menyebar sehingga kualitas tuaian menjadi terancam. Bahkan pengusaha kebun anggur itu akan memotong seluruh tandan anggur agar kualitas tuaian yang lain menjadi lebih baik.
Ayat ini juga mau menunjukkan bahwa ada dua jenis ranting di dalam pohon anggur tersebut, yaitu: ranting yang berbuah dan ranting yang tidak berbuah. Persamaan dari kedua ranting ini adalah warna yang sama, memiliki daun yang sama, tetapi memiliki perbedaan yaitu: yang satu berbuah dan yang lainnya tidak berbuah. Charles Haddon Spurgeon mengatakan:
“Positive fruit is the only test of our being christ. Remember that the judgment will not be about those things which you do not do, but about positive things”. (Buah yang positif adalah satu-satunya ujian tentang keberadaan kita dalam Kristus. Ingatlah bahwa penghakiman nanti bukanlah tentang hal-hal yang tidak engkau lakukan tetapi tentang hal-hal positif. [7]

Berdasarkan hal tersebut terlihat bahwa apa yang diinginkan oleh Yesus sebenarnya bukan sekedar prilaku yang tidak melakukan hal negatif saja seperti: tidak berbuat jahat, tidak berzinah, tidak mencuri, tidak menipu. Semua hal negatif ini tidak cukup karena Tuhan mengkehendaki buah yang positif, seperti menolong orang yang menderita, bekerja dengan jujur, menghormati orang tua, dan sebagainya.[8] Oleh karena itu untuk ranting yang tidak berbuah (yang hanya tidak melakukan hal-hal negatif saja) akan ada proses pemotongan (pembersihan) lewat penderitaan, penyesatan sehingga ketidakmampaun menghadapi ini akan dibuang dan di bakar (bnd. Ayat 6). Dan kemampuan menghadapi akan mengarah kepada pembenaran (justification) dan pengudusan (sanctification) yang kemudian akan berbuah dan bertambah banyak. Perlu juga untuk diingat bahwa ranting-ranting tidak menikmati buahnya; orang lainlah yang menikmati buahnya. Kita tidak menghasilkan buah untuk menyenangkan diri kita sendiri, tetapi untuk melayani orang lain. Kita hendaknya menjadi orang yang “menggembalakan” orang lain dengan perkataan dan perbuatan kita.

15:3 “Kamu memang sudah bersih” Istilah “memotong” (kathairō) dalam ay 2 adalah akar kata Yunani yang sama dengan “membersihkan” (katharos). Keseluruhan konteks ini mengandung bukti-bukti pemuridan yang benar. Istilah “sudah” ini ditekankan dalam naskah Yunani yang hal ini memberikan kepada sebelas murid yang tersisa keyakinan atas keamanan posisi mereka dalam Kristus (dibanding dengan akar yang sama yang digunakan kepada Yudas Iskariot dalam 13:10).

“karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.”  Kebenaran menunjuk  pada berita Yesus akan Allah ( 8:31-32). Yesus disebut baik berita (Logos, 1:1,14) dan kebenaran (14:6) dari Allah. Roh sering dirujuk sebagai Roh Kebenaran (14:17; 15:26; 16:13). Perhatikan bahwa orang-orang percaya juga dikuduskan oleh kebenran (17:19, Perfect Passive Participle) dan oleh Roh (I Pet 1:2).

Tanggapan Teks:
Sebelum ini juga sebenarnya Yesus sudah pernah mengatakan “Kamu sudah bersih” tetapi pada saat yang sama Ia juga mengatakan “hanya tidak semua” (Yohanes 13: 10-11). Dan dalam Yohanes 15 ini Yudas Iskariot sudah tidak bersama-sama dengan mereka lagi, maka Yesus mengatakan: “kamu memang sudah bersih...”[9] Firman Allah membeda-bedakan orang yang berharga dari yang hina dan fiman itu juga yang ikut untuk menyucikan manusia. Bahwa di Sini Yesus juga mengatakan bahwa para murid sudah bersih karena firman, ini menunjukkan betapa pentingnya firman untuk menjadi pegangan dalam hidup kita. Karena itu kita harus tekun mencari dan mempelajari Firman Tuhan. Firman Allah memiliki kuasa untuk membersihkan, jadi kita baru dapat membuktikan bahwa kita telah dibersihkan oleh firman saat kita menghasilkan buah yang membawa kita kepada pengudusan.

15:4
NASB, NKJV “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu”
NRSV “Tinggallah di dalam Aku, sebagaimana Aku tinggal di dalam kamu”
TEV “Tetaplah menyatu dengan Aku, dan Aku akan tetap bersatu di dalam kamu”
NJB “Tetaplah di dalam Aku, sebagaimana Aku di dalam kamu”

Ini adalah sebuah Aorist Active Imperative Plural. Pertanyaan ketatabahasaannya adalah apakah frasa yang kedua merupakan suatu penjelasan atau suatu perbandingan. Banyak kali dalam bagian ini penekanan doktrinal teologis pada ketekunan dari orang-orang kudus yang sejati ditekankan.  Keselamatan sejati mencakup baik tanggapan awal dan terus menerus. Kebenaran teologis ini sering diabaikan dalam antusiasme kita akan jaminan pribadi keselamatan. Jaminan Alkitabiah terkait dengan;
(1) ketekunan dalam iman;
(2) suatu gaya hidup pertobatan;
(3) ketaatan yang berkelanjutan (lih. Yakobus dan I Yohanes); dan
(4) menghasilkan buah (lih.Mat 7:13). Lihat Topik Khusus mengenai “Tinggal” pada I Yoh 2:10.

 “Sama seperti ranting tidak dapat berbuah” Ini menunjukkan prioritas dari ketetapan Illahi.
 “kalau ia tidak tinggal…. jikalau kamu tidak tinggal” Kedua hal ini adalah Kalimat Third Class Conditional, yang berarti kemungkinan tindakan. Keefektifan Rohani kita terkait dengan hubungan yang berkelanjutan dengan Yesus.

15:5 “Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak” Ini adalah sebuah Present Active Participle yang diikuti oleh suatu Present Active Indicative. Persekutuan yang terus-menerus adalah sumber dari buah yang terus menerus. Buah bisa menunjuk pada sikap-sikap dan juga tindakan dari orang percaya ( Mat 7:15-23 dengan Gal 5:22-23 dan I Kor 13). Orang percaya dijanjikan pelayanan yang efektif jika ia tinggal ( ay 16).
 “sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa” Ini adalah suatu Double Negative yang keras. Ini adalah pernyataan negatif dari suatu kebenaran yang positif dari ay 5 dan Flp 4:13.

Tanggapan Teks Ay. 4-5:                   
Dalam ayat ini kita melihat bahwa “maksud” Yesus agar para murid (semua orang percaya) dapat berbuah, Yesus tidak mau ada yang tertinggal. Tapi itu tidak akan terjadi secara otomatis. Mereka hanya dapat menghasilkan buah, kalau mereka terus menerus hidup dalam persekutuan dengan Bapa, dan dengan Anak. Ini berarti bahwa harus ada status yang jelas dan kesetiaan dalam status tersebut. Secara khusus juga bagian ini (soal status dan kesetiaan dalam status) memainkan peranan penting dalam teks ini. Dengan kata lain, inilah kunci untuk bisa berbuah tadi. Sikap ketergantungan kepada Allah adalah modal dasar untuk mendapat bantuan dari Allah.
Tinggallah di dalam Aku melalui iman dan Aku di dalam kamu melalui Roh Ku.[10] Pangkal setiap ranting tinggal di dalam pokok anggur, dan sari-sari makanan pokok anggur itu akan mengalir ke ranting-ranting tadi sehingga di antara mereka terjalin hubungan yang tetap. Tinggal di dalam Kristus perlu dilakukan supaya kita dapat berbuat banyak kebaikan. Orang yang teguh beriman kepada Kristus dan terus mengasihi Dia, hidup berdasarkan janji-janjiNya dan dipimpin oleh Roh-Nya menghasilkan banyak buah. Dengan begitu ia akan menjadi sangat berguna bagi kemuliaan Allah.
Kita perlu tinggal di dalam Kristus, agar bisa melakukan kebaikan. Hal ini bukan saja menjadi sarana untuk memelihara dan meningkatkan segala hal baik yang sudah ada dalam diri kita, tetapi juga merupakan sumber segala sesuatu yang baik. Hubungan “tinggal” itu adalah sesuatu yang alami bagi ranting-ranting dan pokok anggur, tetapi hubungan itu harus dipupuk di dalam kehidupan Kristen. Tinggal di dalam Kristus menuntut penyembahan, perenungan Firman Allah, doa, pengorbanan, dan pelayanan. Dan itu semua adalah pengalaman yang indah. Setelah mengembangkan persekutuan yang lebih mendalam dengan Kristus, maka kita tidak lagi kembali kepada khidupan Kristen yang dangkal dan sembrono.   
Selanjutnya dikatakan bahwa diluar Aku kamu tidak bisa berbuat apa-apa. Hal ini juga menunjukkan betapa mutlaknya persekutuan dengan Kristus dalam hidup orang Kristen. Tidak ada peluang di dalamnya itu untuk tawar-menawar ataupun juga untuk mempertimbangkan. Ingin hidup, maka hiduplah di dalam Kristus; ingin dibuang dan dibakar maka hiduplah di luar Kristus.
15:6 “Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar” Ini adalah sebuah Kalimat Third Class Conditional. Kayu anggur tidak ada manfaatnya untuk keperluan rumah tangga (kayu bakar) karena kayu ini terlalu cepat terbakar dan terlalu panas (Yeh 15). Ini sepertinya merujuk pada Yudas dan kemungkinan juga Israel. Jika tidak, ini pasti merujuk pada iman yang palsu ( Mat 13:41-42,50; dan I Yoh 2:19).

Tanggapan Teks:
Selain dari janji yang sangat indah dari Kristus ketika menjadi ranting yang berbuah, tentu ada juga peringatan tentang bagaimana matinya kerohanian seseorang ketika tidak hidup dalam persekutuan dengan Dia (Yesus). Kata ξηραινω (xeraino) adalah bentuk pas yang berarti menjadi (menuju, sudah terjadi) kering.[11] Berarti “menjadi kering” bukan karena ada orang yang mengeringkan tetapi terjadi sedemikian rupa (otomatis). Ketika itu pula maka tidak lagi menghasilkan (produktif) dan udah pasti tidak lagi berguna. Jadi jelas bahwa ayat ini mengajarkan ranting-ranting yang dipotong dan dibakar menggambarkan orang-orang yang tidak pernah mengeluarkan buah, dan bahkan tidak berbuah pada saat mereka ada di dalam Kristus.
Jadi mereka tidak pernah menjadi orang percaya yang sungguh-sungguh; dan bagi mereka hubungan dalam pokok anggur, sekalipun dekat hanyalah bersifat lahiriah semata-mata. Sebaliknya, orang-orang percaya yang sungguh-sungguh digambarkan oleh ranting-ranting yang tinggal selama-lamanya dalam pokok anggur, berbuah makin lama makin banyak dan tidak akan pernah binasa (never perish).

15:7 “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu” Ini adalah sebuah Kalimat Third Class Conditional yang artinya kemungkinan tindakan. Doa tidak secara otomatis di jawab! Yesus berpindah penggambaran dari DiriNya tinggal dalam murid-murid kepada FirmanNya yang tinggal. Yesus menyatakan Bapa dan demikian juga pengajaran-pengajaranNya. Hal-hal ini adalah sumber-sumber perwahyuan yang bisa saling dipertukarkan. Injil merupakan suatu pribadi dan suatu berita.

 “mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya” Ini adalah sebuah Aorist Middle Imperative (ay 16). Frasa ini telah sedemikian parahnya digunakan di luar konteks. Berhati-hatilah untuk mencari pengajaran dari keseluruhan Alkitab dan jangan menekankan pada suatu naskah secara tersendiri (lih. catatan pada 14:13). Lihat Topik Khusus: Doa, Tak Terbatas Namun Terbatas pada I Yoh 3:22.

Doa, Tak Terbatas Namun Terbatas
A.                Injil-injil Sinoptik
1.      orang-orang percaya didorong untuk bertekun dalam doa dan Allah akan menyediakan “hal-hal yang baik” (Mat) atau “RohNya” (Luk) Mat 7:7-11; Luk 11:5-13)
2.      dalam konteks disiplin gereja orang-orang percaya (dua orang) didorong untuk bersatu dalam doa (Mat 18:19)
3.      dalam konteks penghakiman Yudaisme orang-orang percaya harus meminta dengan iman tanpa keragu-raguan (Mat 21:22; Mar 11:23-24)
4.      dalam konteks dua perumpamaan (ay 1-8, hakim yang lalim dan ay 9-14, orang Farisi dan orang berdosa) orang-orang percaya didorong untuk bertindak berbeda daripada hakil yang tak bertuhan dan orang Farisi yang membenarkan diri itu. Allah mendengar orang yang rendah hati dan bertobat (Luk 18:1-14)
B.              Tulisan-tulisan Yohanes
1.      dalam konteks laki-laki buta sejak lahir yang disembuhkan Yesus, kebutaan sesungguhnya dari orang Farisi dinyatakan. Doa Yesus (juga doa siapapun) dijawab karena Ia mengenal Allah dan hidup sesuai dengan pengenalan ini (Yoh 9:31).
2.      Ceramah di Ruang Loteng dalam Yohanes (Yoh 13-17)
a.       14:12-14 – doa yang percaya bercirikan
-     Datang dari orang-orang percaya
-      Meminta dalam nama Yesus Menginginkan agar Bapa dipermuliakan Melakukan perintah perintah (ay 15)
b.  15:7-10 – doa orang-orang percaya bercirikan
-  Tinggal dalam Yesus
- FirmanNya tinggal dalam mereka
-  Menginginkan agar Bapa dipermuliakan
- Menghasilkan banyak buah
- Melakukan perintah-perintah (ay 10)
c. 15:15-17 – doa orang-orang percaya bercirikan
-  Pilihan mereka
-  Kemampuan berbuah mereka
-  Meminta dalam nama Yesus
-  Melaksanakan perintah untuk saling mengasihi
d. 16:23-24 – doa orang-orang percaya bercirikan
-  Meminta dalam nama Yesus
-  Menginginkan agar sukacita dipenuhkan

3. Surat pertama Yohanes (I Yohanes)
a. 3:22-24 – doa orang-orang percaya bercirikan
1) Melakukan perintah-perintah (ay 22,24)
2) Hidup dengan pantas
3) Percaya pada Yesus
4) Saling mengasihi satu dengan yang lain
5) Tinggal di dalam Dia dan Dia di dalam kita
6) Memiliki karunia Roh
b. 5:14-16 – doa oang-orang percaya bercirikan
1) Percaya pada Allah
2) Menurut kehendakNya
3) Orang-orang percaya saling mendoakan satu sama lain
C. Yakobus
1.      1:5-7 orang percaya yang diperhadapkan dengan berbagai pencobaan dipanggil untuk meminta hikmat tanpa bimbang
2.      4:2-3 – orang percaya hars meminta dengan motif yang tepat
3.      5:13-18 – orang percaya yang dihadapkan dengan masalah kesehatan dikuatkan
4.      Meminta penatua untuk berdoa
5.       Berdoa dalam iman akan menyelamatkan
6.       Meminta agar dosanya diampuni
7.       Mengaku dosa satu sama lain dan saling mendoakan satu sama lain (mirip dengan I Yoh 5:16)

Kunci bagi doa yang efektif adalah keserupaan dengan Kristus. Inilah arti dari berdoa dalam nama Yesus. Hal terburuk yang bisa Allah perbuat bagi kebanyakan orang Kristen adalah mengabulkan doa mereka yang mementingkan diri sendiri! Dalam satu pengertian semua doa dijawab. Aspek doa yang paling berharga adalah bahwa orang percaya telah menghabiskan waktu dengan Allah, percaya pada Allah.

Tanggapan Teks:
Sepertinya kita harus berhati-hati untuk menafsirkan ayat 7c: “mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya”.[12] Untuk itu kita harus juga memperhatikan persyaratan yang mendahuluinya (ayat 7a dan 7b). Pertama dalam ayat 7a yang mengatakan: “kita harus tetap tinggal di dalam Yesus” berarti bahwa kita harus terus berusaha untuk tetap tinggal di dalam Dia sekalipun sedang dalam penderitaan, tantangan atau situasi apapun. Memang di sini juga terlihat bahwa ketika sudah tinggal di dalam Kristus belum jaminan akan tetap tinggal di dalamnya selamanya, maka sangat diperlukan kesetiaan dalam hal ini. Charles Hadden Spurgeon mengatakan:
Take care, also, then when the purging operation has been carried out you still cleave to your Lord. (perhatikanlah atau usahakanlah juga supaya pada waktu operasi pemangkasan telah dilaksanakan engkau tetap melekat pada Tuhanmu).[13]

Kalau kita perhatikan ayat 3 di atas yang mengatakan bahwa: “kamu memang sudah bersih karena fiman yang telah kukatakan kepadamu”. Ini adalah status baru dan kemudian dalam ayat ini kita di ajak untuk tetap mempertahankan itu. Kedua, dalam ayat 7b yang mengatakan: “firman Tuhan harus tinggal di dalam kita”. Hal ini berarti firman Kristus dan diriNya sendiri adalah identik. Banyak orang berbicara tentang Kristus sebagai tuan, tetapi dalam persoalan doktrin mereka tidak perduli akan apa yang dinyatakan oleh FirmanNya. Oleh karena itu jika Firman Kristus tidak tinggal di dalam kita, baik dalam kepercayaan maupun praktek maka kita tidak ada di dalam Kristus.
Banyak dari buah-buah itu yang dapat dipalsukan oleh kedagingan, tetapi kepalsuan itu pada akhirnya dapat diketahui, karena di dalam buah rohani yang sejati terkandung benih untuk menghasilkan lebih banyak buah. Hasil buatan manusia, mati dan tidak dapat bertambah banyak dengan sendirinya, tetapi buah yang dihasilkan oleh Roh akan terus bertambah banyak dari satu kehidupan kepada kehidupan yang lain.
Kedua persyaratan di atas adalah dasar untuk membicarakan ayat 7c yang mengatakan: “mintalah apa saja yang kamu kehendaki dan kamu akan menerimanya”. Orang yang di dalam Kristus memiliki kehendak yang telah diperbaharui, yang tentunya sesuai dengan kehendak Allah. Jika seorang percaya berdoa dan ia berfikir bahwa ia mengkehendaki hal-hal tertentu tetapi ia ingat bahwa ia hanyalah seorang bayi di hadapan Bapanya yang maha bijaksana dan dengan demikian ia menundukkan kehendaknya dan meminta untuk diajar harus mengkehendaki apa. Dengan demikian kehendak kita adalah kehendak Allah.[14]

15:8 “Bapa-Ku dipermuliakan” Kehidupan serupa Kristus dari orang-orang percaya membawa kemuliaan bagi Allah dan membuktikan bahwa mereka adalah murid-murid sejati. Dalam Yoh 13:31-32; 14:13; 17:4; dan Mat 9:8; 15:31 Bapa dipermuliakan di dalam pekerjaan Anak dan sekarang dalam pekerjaan orang percaya ( Mat 5:16).

Tanggapan Teks:
Pada akhirnya kita diperhadapkan kepada dua perkara yang adalah bagian dari kehidupan para murid Yesus, yaitu: para murid akan memiliki hidup yang kaya karena terus berubah. Kedua, itu membawa kepada kemuliaan bagi Allah. Dalam Yohanes 13: 31 dikatakan bahwa Allah dipermuliakan dalam pekerjaan Anak, sekarang kita memiliki kebenaran yang lain yaitu: bahwa Allah juga dipermuliakan dan pekerjaan orang-orang percaya yang tinggal di dalam Anak. Bila orang melihat hidup para murid maka orang akan ingat akan Allah. Hidup yang demikian mungkin adalah hidup yang sederhana atau mungkin hidup yang hina di mata manusia. Tapi di mata Tuhan hidup yang demikian adalah hidup yang penting; hidup yang memperoleh kepenuhanNya. Pada umumnya kemuliaan hidup orang Kristen ialah bahwa melalui kehidupan dan kelakuan kita, kita bisa menyatakan kemuliaan Allah.

BAB III.
KESIMPULAN DAN IMPLIKASI

Perumpamaan tentang pokok anggur menjelaskan tema “misi” dalam dua cara penting.
Pertama,pokok anggur adalah lambang utama bangsa Israel. Sebuah pokok anggur raksasa dari emas menghiasi pintu gerbang Bait Allah, dan uang logam yang dicetak di Israel selama melawan Roma (68-70 SM) juga berlambang pokok anggur. Banyak kiasan dalam Perjanjian Lama yang menggunakan lambing ini. Mungkin sebutan Perjanjian Lama terpenting dalam hubungannya dengan klaim Yesus, akulah pokok anggur yang benar (1) adalah Maz 80, yang memadukan ungkapan tentang Israel sebagai “pokok anggur dari Mesir” (80:9) dengan “anak Manusia yang telah kau teguhkan bagi diriMu” (Maz 80:18). Berbeda dari pokok anggur yang memusnahkan dirinya akibat ketidaktaatan, Yesus adalah “pokok anggur yang benar.” Dialah anak yang taat, dan melalui pengorbananNya dan misi berikutnya, apa yang telah berabad-abad menjadi maksud Allah bagi Israel akan digenapi, bangsa-bangsa akan diselamatkan dan  semua kaum di bumi akan mendapat berkat (Kej 12:2).
Kedua, pokok angguradalah tanaman yang berguna, ia tumbuh untuk berbuah, itulah fungsinya. Bunga-bunganya kecil, buahnya berlimpah dan apabila buah itu sudah matang dan pokok anggur sementara tampak mulia, hartanya dalam bentuk anggur-anggur diambil dan pokok anggur itu sendiri dipotong sampai pada batang utama. Fungsi ini dicerminkan dalam penekanan Yesus pada poko yang berbuah. Karena itu, dalam menafsirkan nas ini, kita perlu berhati-hati untuk tidak hanya menekankan hubungan pribadi kita dengan Tuhan. Tujuan yang terkandung fungsi berbuah itu juga dinyatakan—dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika berbuah banyak…(8). Ini sesuai dengan 13:31, Pernyataan yang merupakan “nas kunci” bagi seluruh percakapan ini: “sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah di permuliakan di dalam Dia.” Tujuan terakhir kedatangan Yesus, yakni dipemuliaan Bapa, diwujudkan terutama melalui keberhasilan misi persekutuan para murid.
Setelah menerangkan keutamaan tugas misi itu, Yesus mengidentifikasikan beberapa rahasia misi yang efektif :

1.      Pembersihan
Rahasia pertama dalah pembersihan dari Bapa (ay 2). Pelayanan Bapa sebagai pengusaha kebun anggur bersifat ganda:”petani anggur melakukan dua hal agar anggurnya berbuah sebanyak mungkin—pada musim dingin ia membuang ranting yang kering dan layu dan pada musim semi ia membuang semua tumbuhan dari ranting yang tidak berguna dari setiap ranting yang baik. Dalam persekutuan para murid, mungkin ada orang yang pada akhirnya akan terungkap sebagai ranting-ranting yang mati. Karena itu setian orang perlu dengan  sungguh-sungguh berusaha supaya “panggilan dan pemilihannya semakin teguh (2 Pet 1:10).”
Tindakan positif lain yang dilakukan Bapa adalah membersihkan rantin-ranting agar mereka berbuah lebih banyak (ay 2). Ayat ketika menguraikan tentang dampak dari Firman Kristus yang membersikan dan memurnikan. Firman yang sekarang terkandung dalam kepustakaan, Firman Allah itu merupakan alat utama bagi Allah untuk membersihkan para murid. Kalau perkataan tersebut bekerja dalam diri kita, maka dengan cara yang baru kita menjadi menarik dan autentik dalam kehidupan dan kesaksian kita sebagai Kristen.
2.      Tinggal didalam-Nya
Rahasia dari misi yang efektif ialah tinggal didalam Aku, yaitu dalam Anak Allah (ay 4,5). Sebelumnya Yesus pernah menyemangati murid-murid-Nya dengan berbicara mengenai hubungan baru dengan Dia, yang akan mejadi milik mereka melalui perantaraan Roh Kudus setelah pemuliaan-Nya (14:20). Disini Ia mengajarkan bahwa hubungan mereka dengan-Nya juga mendasari kemampuan mereka untuk berbuah. Menghasilkan buah untuk Allah bukanlah kemampuan manusiawi, itu adalah pekerjaan Kristus melalui kita.
3.      Doa dalam nama Yesus
Rahasia ketika misi ialah berdoa dalam nama Yesus. Jangkauan janji ini mengesankan apa saja yang kamu kehendaki (ay 7), apa saja yang kamu minta (ay 16). Pada pandangan pertama, ini seolah-olah pelepasan tanggung jawab secara mengherankan dari pihak Tuhan. namun ada juga syarat: jikalau kamu tinggal didalam Aku dan Firman-Ku tinggal didalam kamu (ay 7). Jika kita tiinggal di dalam Dia dan keinginan kita selasar dengan keininan-Nya maka doa kita akan dijawab. Doa itu sangat penting untuk keberhasilan misi umat Allah.

Tujuan, puncak atau muara dari semuanya itu adalah kemuliaan Allah bukan kepentingan diri sendiri kita. Jika kita berbuah banyak, atau maksudnya jika kita sebagai pribadi atau gereja menghasilkan karya kasih dan kebajikan atau menampakkan buah Roh (kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri) maka Allah akan dimuliakan.Itu jugalah yang dikatakan Yesus dalam Matius 5:16 “demikianlah hendaknya terangmu nyata…. supaya orang melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu di sorga”.



DAFTAR PUSTAKA

________________, Alkitab, Jakarta: LAI, 2004.
Abineno, J. L. Ch., Yesus Sang Mesias dan Anak Allah II, Jakarta: BPK-GM, 1986.
Barclay, William, Injil Yohanes Pasal 8-21, Jakarta: BPK-GM, 2003.
Baxter, J. Sidlow, Menggali Isi Alkitab 3, Jakarta: YKBK/OMF, 1999.
Brown, Raymound E., The Gospel According To John (XIII-XXI), New
                   York: Doubleday Co. Inc, 1984.
 Drewes, Pdt. B.F. dkk., Kunci Bahasa Yunani Perjanjian Baru: Kitab Injil
Matius Hingga Kitab Para Rasul, Jakarta: BPK-GM, 2008.
               Guthrie, Donald, Teologi Perjanjian Baru 2, Jakarta: BPK-GM, 1992.
Henry, Matthew, Injil Yohanes 12-21, Surabaya: Momentum dan
                   Oikonomos Foundation, 2010.
Kysar, Robert, Augsburg Commentary On The New Testament, Minneasota: Minaeapolish, 1986.
Lee, Dr. D.W., Khotbah Ekspositori Yang Membangunkan Pendengar, Bandung: Lembaga Literatur Babtis, 2002.
Marxsen, Willi, Pengantar Perjanjian Baru: Pendekatan Kritis Terhadap Masalah-Masalahnya, Jakarta: BPK-GM, 1999.
Milne, Bruce, Seri Pemahaman dan Penerapan Amanat Alkitab Masa Kini: YOHANES, Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2010.
Morris, Leon, Gospel According To John: The New International Commentary On The New Testament,Grand Rapids Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing Co, 1995.
Spurgeon, Charles Haddon, A Treasury Of Spurgeon On The Life And Work Of Our Lord Vol 3, Grand Rapids: Baker Book House, 1979.
Tenny, Merril C., Injil Iman “Suatu Telaah Naskah Injil Yohanes Secara Analitis, Jakarta: Gandum Mas, 2003.
Verkuyl, J., Tafsiran Surat Yohanes, Jakarta: BPK-GM, 1954.
Wiersbe, Warren W., Diperbaharui Di Dalam Kristus, Jakarta: Yayasan Kalam Hidup, 2008.





[1] Willi Marxsen, Pengantar Perjanjian Baru: Pendekatan Kritis Terhadap Masalah-Masalahnya, (Jakarta: BPK-GM, 1999) hlm. 310

[2] Willi Marxsen, Pengantar Perjanjian Baru, Hal. 311

[3] Bruce Milne, Yohanes: Lihatlah Raja mu,( Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2011) hlm. 30-31
[4] George E. Ladd Teologia Perjanjian Baru, hal. 263-269.

[5] William Barclay, Injil Yohanes Pasal 8-21, (Jakarta: BPK-GM, 2003) hlm. 272

[6]  Robert Kysar, Augsburg Commentary On The New Testament, (Minaepolish: Minnesota, 1986) hlm. 236
[7] Charles Haddon Spurgeon, A Treasury Of Spurgeon on The Life And Work Of Our Lord-Vol 3, (Grand Rapids: Baker Book House , 1979) hlm. 557

[8] Bandingkan dengan apa yang disebut kan oleh Robert Kysar bahwa: καρπον (karpos) adalah: is the life of faith and love demanded of those allied with christ (bentuk yang hidup dari iman). Robert Kysar, hlm. 236

[9] Matthew Henry, Injil Yohanes 12-21, (Surabaya: Momentum, 2010), hlm. 1042
[10] Matthew Henry, Injil Yohanes 12-21, hal. 1044
[11] B.F. Drewes, DKK, Kunci Bahasa Yunani Perjanjian Baru, (Jakarta: BPK-GM, 2008) hlm.340
[12] Karena di zaman post modern yang mengarah kepada sikap yang beorientasi kepada hasil, ayat 7c ini bisa disalah artikan.

[13] Charles Hadden Spurgeon, hlm 581
[14] Leon Morris mengatakan: “ pada saat orang percaya tinggal di dalam Kristus dan Firman Kristus tinggal di dalamnya maka ia hidup sedekat mungkin pada Kristus. Maka doa-doanya merupakan doa-doa yang sesuai dengan kehendak Allah dan doa-doa itu akan di jawab sepenuhnya. Lih. Leon Morris,The Gospel According To John ( The New International Commentary On The New Testament, Grand Rapids Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing Co, 1995, hlm. 672



Sumber :  Ps. Jenry Teuf

Pengampunan

Pemulihan kembali hubungan personal setelah putus. Meskipun dalam PL Allah tidak mengampuni secara otomatis, seolah-olah untuk itulah Ia ada, dilukiskan bahwa Allah selalu siap untuk mengampuni, jika syarat-syaratnya dipenuhi (Neh 9:17). Terhadap orang-orang berdosa yang menyesal pengampunan Allah benar-benar sempurna ( Yes 43:25). Sistem korban PL dirancang sebagai ungkapan pertobatan secara konkret, yang didalamnya pengampunan Allah dianugerahkan dan kesalahan dihapuskan.

Dalam PB terdapat tekanan yang sama mengenai pengampunan Allah, kadang-kadang dilakukan oleh Yesus sendiri ( Mr 2:5-6). Dalam jemaat diperintahkan agar para anggota saling mengampuni (Yoh 20:23; Yak 5:13-16). Doa Bapa Kami mengharapkan pengampunan Allah atas dosa-dosa kita, hanya jika kita mengampuni kesalahan orang lain ( Mat 6:12). Perumpamaan tentang Anak yang Hilang ( Luk 15:11-32) lebih tepat diberi judul Bapa yang Pengampun. Perumpamaan Dua Orang yang Berhutang (Mat 18:21-35) diakhiri dengan peringatan keras: hambay ang tidak mengampuni akan disiksa, hingga utang-utangnya dibayar seluruhnya. Kemungkinan ada anggota jemaat Matius yang tidak menunjukkan pengampunan kepada orang lain seperti diharapkan daripadanya sebagai orang yang begitu banyak telah diampuni oleh Allah... Makna perumpamaan itu cukup jelas: bahwa pengampunan Allah yang cuma-cuma itu harus kita teladani dalam hubungan-hubungan kita sendiri.

Sumber :Kamus Browning

Thursday, January 12, 2017

21 Bukti Yesus adalah Tuhan



Dapatkan segera buku "21 BUKTI YESUS ADALAH TUHAN" buku yang membangun iman yang kuat dalam Yesus Kristus. Buku sudah beredar di seluruh jaringan Toko buku Gramedia, toko buku Kristen dan toko buku lainnya di kota Anda. Telp.0274-561881








Thursday, December 22, 2016

Kotbah Natal : BERTEMU TUHAN DALAM KELUARGA


Oleh Lukas Kuswanto
Ayat pembahasan Lukas 1:
Allah dapat menemui siapa saja yang dikehendaki dan memakai siapa saja menurut kehendaknya, namun Allah juga bersedia menemui manusia khususnya dalam keluarga.
Kalimat Transisi    : Keluarga  bagaimanakah yang dapat  bertemu oleh Allah?
Kalimat peralihan :  Ada dua syarat penting supaya keluarga dapat bertemu dengan  Tuhan.
    1.   Keluarga itu harus Hidup tidak bercacat menjalankan  perintah Tuhan  1:6

a.       Hidup sesuai dengan perintah Tuhan

Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. Lukas 1:5
Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat.  Lukas 1:6

b.      Hidup sesuai dengan perintah Tuhan tidak menjamin tidak ada  masalah

Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya. Lukas 1:7

c.       Hidup sesuai dengan perintah Tuhan,  pasti Tuhan akan menolong dalam kesulitan

1)      Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes. Lukas 1:13
2)      Sesungguhnya engkau akan menjadi bisu dan tidak dapat berkata-kata sampai kepada hari, di mana semuanya ini terjadi, karena engkau tidak percaya akan perkataanku yang akan nyata kebenarannya pada waktunya."1:20

 2.  Keluarga itu harus beriman penuh  pada  Tuhan

a.       Mengenai kelahiran Yesus.
Pilihan atas Maria. - "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. #/TB Luk 1:30*
b.      Bayi dalam Maria.
"Sesungguhnya, engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang Anak laki-laki dan hendaklah engkau menamakan Dia Yesus.  Luk 1:31-33*
c.       Keprihatinan Maria.
 "Bagaimana itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami."  Luk 1:35*
d.      Ketaatan.
Maria berkata: "Sesungguhnya, aku ini adalah hamba Allah; jadilah padaku menurut perkataanmu itu"  Luk 1:38*

Kesimpulan  : Keluarga salah satu tempat persekutuan yang ideal untuk bertemu dengan Tuhan. Dalam keluarga dapat  mempraktikkan dan mengajarkan nilai-nilai kerajaan Allah dan pelayanan kepada Allah. Pelayanan yang melibatkan anggota keluarga merupakan teladan bagi kita saat ini.  Seharusnya setiap keluarga harus menyediakan cukup banyak waktu untuk mengadakan acara kebersamaan, khususnya memuji Tuhan bersama-sama. Perbedaan usia antara generasi tua dan muda serta kesenjangan pengalaman dan keahlian, bukanlah suatu penghalang untuk bekerja sama dalam pelayanan. 




Saturday, July 9, 2016

TEOLOGIA DASAR IMAN KRISTEN

Penulis              : Lukas Kuswanto
Editor               : Johanes Che Parikesit
Tata Letak        : Tim Kreatif Mer-C Publishing
Sampul              : Heru

Diterbitkan Oleh:
Mer-C Publishing

Alamat
PT Adhi Sarana Nusantara
Jl. Ulujami Raya no 2 Perdatam Jakarta Selatan

Cetakan Pertama
Jakarta, Mer-C Publishing, 2016
189; 16 x 23 cm

ISBN: 978-602-71073-3-5
Halaman : 189
Yang Berminat dapat menghubungi Hp : 0882-1061-7166; 0821-2426-6641
Tentang Penulis :        
Masih banyak orang  ingin mendapatkan jawaban terhadap berbagai pertanyaan yang  timbul ketika mempelajari Alkitab. Sebagaian orang terpuaskan dahaga hatinya. Sebagian lagi menghadapi kebingungan seakan-akan Alkitab tidak memberi jawaban yang pasti.
          Buku ini cocok bagi mereka yang menghadapi kesulitan mencari kebenaran Alkitab serta mencari jawaban  tentang iman dasar  kekristenan. Sebagai kebutuhan yang mendesak untuk memperkuat iman dan menambah pengetahuan. Tiap bagian ditulis dengan sederhana, cocok bagi orang awam, pelajar, mahasiswa, bagi persekutuan doa, persekutuan oikumene, kelompok pendalaman Alkitab dll. Amsal 2: 6 mengatakan :”Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian” Melalui buku ini kiranya Anda mendapatkan jawaban yang telah lama dipergumulkan.


Lukas Kuswanto telah melayani sebagai penginjil, pendeta dan gembala jemaat di Gereja Kristen Nazarene “Shiloh” Jakarta sejak tahun 2000 sampai sekarang. Sebelum menjadi gembala tetap di GKN, ia sudah terjun dalam pelayanan di Malang tahun 1993-1998.
Pendidikan theologia yang ditempuh SI Theologia di STT Nazarene Indonesia, di Jogyakarta, tahun 1993, S2 Kepemimpinan di Institut Kalvari dari gereja Baptis, Jakarta, tahun 2004  dan S3  STT Ikat Jakarta, tahun 2010, DR.Lukas Kuswanto, MA dan isterinya DR. Sophia Wara laxminandi dikaruniai dua orang anak, Michael T.B.L dan Gabriel P.L

Wednesday, July 6, 2016

Hebat namaNya luar biasa

500.Lord Most High Psalms 7:17
501.Lord YHWH Everlasting Strength Isa. 26:4
502.Lord of a New Covenant Jer. 31:31. Heb. 8
503.Lord of All Acts 10:36
504.Lord of David Psa. 110:1
505.Lord of Glory I Cor. 2:8
506.Lord of Heaven and Earth Matt. 28:18. Acts 17:24
507.Lord of Hosts Isa. 23:9; 54:5508.Lord of Kings Dan. 2:47
509.Lord of Lords Deut. 10:11
510.Lord of Peace II Thess. 3:16. John 4:35
511.Lord of Heavens Riches Romans 10:12
512.Lord of the Harvest Matt. 9:38. John 4:35
513.Lord of the Sabbath Mark 2:8
514.Lord of the Scriptures John 5:39-40. Luke 24:27
515.Lord of the Second Advent Heb. 9:28. Titus 2:15
516.Lord of the Whole Earth Micah 4:13
517.Lord Our Hope I Tim. 1:1
518.Lord Our Judge Isa. 33:22. John 5:29
519.Lord Our King Isa. 33:22
520.Lord Our Lord Psa. 8:1,9
521.Lord Our Maker Psa. 95:6
522.Lord Our Righteousness Jer. 23:36
523.Lord Our Shield Psa. 3:3; 59:11
524.Lord Over All Romans 10:12. Phil. 2:11
525.Lord the God of Hosts Amos 6:8
526.Lord the Judge Joshua 11:27
527.Lord Thy Creator Gen. 1:27. Ecc. 12:1
528.Lord Thy Redeemer Isa. 60:16
529.Lord Thy Savior Acts 4:12; 60:16
530.Lover of Righteousness Heb. 1:9. Psa. 33:5
531.Magnified Lord Isa. 34:3
532.Magnified Name I Chron. 17:24
533.Majesty Isa. 2:19
534.Maker of All Things John 1:3. Col. 1:16
535.Maker of Israel Hosea 8:14. Isa. 45:11
536.Maker of Morning Darkness Amos 4:13
537.Maker of One New Man Eph. 2:15
538.Maker of Peace Eph. 2:15
539.Maker of the New Way Isa. 43:14. Matt. 27:58
540.Maker of the Path in the Sea Isa. 43:16. Exo. 14:21; 15:10
541.Man Christ Jesus I Timothy 2:5
542.Man of God Judges 13:6
543.Man of Sorrows Isa. 53:3. John 19:16
544.Man of Thy Right Hand Psa. 80:17
545.Man of War Exo. 15:3. Rev. 19:16
546.Manna From Heaven John 6
547.Marred One Isa. 50:6; 52:14
548.Master in Heaven Eph. 6:9. Col. 1:14
549.Master of the House Matt. 10:25. Luke 13:35
550.Master of the Sea Psa. 94:4. Matt. 8:26-28
551.Mediator of a Better Covenant Heb. 8:6
552.Mediator of the New Covenant Heb. 12:22
553.Mediator of the New Testament Heb. 9:15
554.Mediator Between God and Man I Timothy 2:5
555.Meek and Lowly Jesus Matt. 11:29
556.Merciful and Faithful High Priest Heb. 2:7
557.Merciful God Jer. 3:12. Deut. 4:31
558.Messenger of the Covenant Mal. 3:1. Matt. 21:12
559.Messiah John 1:49; 8:24
560.Messiah the Prince Daniel 9:25
561.Mightier than the Mighty Waves Psa. 93:4
562.Mightier than the Noise of any Waters Psa. 93:4
563.Mighty and Strong One Isa. 28:2; 30:30
564.Mighty Arm Psa. 89:13565.Mighty God Isa. 9:6. Jer. 32:18
566.Mighty Hand of God Exo. 3:19. I Peter 5:6
567.Mighty Man Isa. 42:13
568.Mighty One of Israel Isa. 30:27
569.Mighty One of Jacob Isa. 49:26
570.Mighty Power Deut. 4:37; 9:29
571.Mighty Savior Isa. 63:12
572.Mighty Strength Job 9:4
573.Mighty Wisdom Job 36:5
574.Mind of the Lord Lev. 24:12. I Cor. 2:16
575.Mine Anointed I Sam. 2:35
576.Mine Elect Isa. 65:9   
577.Mine Holy One Habb. 1:12
578.Minister of the Circumcision Romans 15:3
579.Minister of the Sanctuary Heb. 8:12
580.Minister of the True Tabernacle Heb. 8:12
581.Most Holy Dan. 9:25
582.Most Mighty Psa. 45:3
583.Most Upright Isa. 26:7
584.Mystery of Godliness I Timothy 3:16
585.Narrow Gate Matthew 7:14. Isa. 40:2
586.Nazarene Matt. 2:23. Zech. 3:8
587.Near Lord Psa. 119:151
588.Obedient Son Heb. 5:8
589.Offspring of David Rev. 22:6. John 1:11
590.Ointment Poured Song of Solomon 1:3. Psa. 89:20
591.ONE Zech. 14:9
592.One and Only Sacrifice John 3:16
593.One Lord Zech. 14:9. Eph. 4:5
594.One Shepherd Eze. 34:23. John 10:16
595.Only Rock Psa. 62:2; 18:31
596.Ordained Lamp of the Anointed Psa. 132:17
597.Ordained of the Father Acts 17:30
598.Ordainer of the Preachers I Cor. 9:14